Cara Bahagia Menanti Sang Buah Hati

Cara Bahagia Menanti Sang Buah Hati
Oleh : Ayu Candra Giniarti



Halo Moms, apa kabar?
Semoga sehat ya..

Hari ini Aku mau share tentang pengalamanku saat hamil ke tiga nih. Hamil yang ke tiga ini, waktunya memang cepat sekali. Hanya berselang satu bulan setelah kuret di hamil ke dua dengan usia 10 minggu 3 hari.

Lah kenapa dikuret?
Karena janin tidak berkembang. Kata Dokter, bukan pembuahan yang baik. Itu saja. Tidak ada gangguan apapun. Lega, meskipun tetap sakit ya rasanya. Berjuang melawan sakit tapi tahu bukan sedang melahirkan. Allah pasti punya rencana yang lebih indah. Dan alhamdulillah, qodarullah Aku hamil lagi.

Di hamil yang ke tiga ini, aku coba mencari aplikasi yang memudahkanku untuk mengingat ini hamil ke berapa minggu. Paling tidak, kalau ada yang nanya nggak pake ngitung jari, mengingat-ingat HPL kata Dokter dan terlihat betapa tidak perhatiannya dengan kandungan. Huhu..

Nah..Aku menemukan solusinya. Aku menggunakan aplikasi Pregnancy+. Bisa cek di play store ya. Tampilannya seperti ini nih Moms…
Caranya mudah. HPHT harus ingat ya. Apa sib HPHT? HPHT adalah hari pertama terakhir haid. Dari tanggal itu kita bisa tahu kapan sih HPL (hari perkiraan lahir) nya. Setelah itu kita masukkan tanggal bulan dan tahun HPL nya ya.

Tapi cara menghitungnya bagaimana?
Tenang, Aku dapat nih dari google. Simak baik-baik ya Moms.

Cara Perhitungan Usia Kehamilan

Cara perhitungan usia kehamilan dengan menggunakan hari pertama menstruasi terakhir atau disingkat HPTP dilakukan berdasarkan rumus Naegele.  Perhitungan sangat efektif untuk wanita yang memiliki siklus haid selama 28 sampai 30 hari. Cara perhitungan berdasarkan beberapa hal yaitu:

HPTP + 7 hari Bulan haid – 3 bulan Tahun haid + 1

Contoh :

HPTP 16 Agustus 2014, jadi:

16 – 7= 9 (tanggal)

Agustus (8) – 3 = 5 (mei ), bulan

2014 + 1 = 2015 (tahun).

Jadi kemungkinan bayi Anda akan lahir pada tanggal 9 Mei 2015. HPL atau perkiraan hari perkiraan lahir selalu memiliki rumus dikurang atau ditambah 7, jadi kemungkinan HPL bayi Anda sekitar 2 – 16 Mei 2015.

Nah, kalau sudah memasukkan due date nya akan ada tampilan seperti ini setiap dibuka aplikasinya…

Nah, keren kan. Selamat mencoba ya..
Aku yakin deh, rasanya bahagia setiap membuka aplikasi ini. Mungkin saat pertama download bisa setiap hari buka. Tapi Aku kasih saran ya, setidaknya setiap satu minggu sekali saja. Karena gambar bayinya akan berubah setiap satu minggu sekali. Ih..gemes!

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia
#catatanbubuayu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review kelompok 4

Siapa Sosok Inspirator Kamu?

Dapur Ngebul